Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya hasil belajar siswa, yang mana siswa telah memiliki disiplin belajar yang baik seperti tepat waktu datang kesekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajardengan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdah Thawalib Bangkinang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS. Objek penelitiannya adalah hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan jumlah sampel sebanyak 86 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung> t tabel (7,987 > 1,663) dan sig = 0.000 < 5%., yang berarti ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar denganhasil belajarsiswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Tingkat hubungan variabel disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dalam tingkat yang cukup kuat, yang terbukti dari nilai koefisien korelasi r = 0,657 berada pada interval 0,60 – 0,799. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar Siswa