Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan media flash card di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan media flash card. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran flash card. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 65,6% dengan kategori “kurang”. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,85 % dengan kategori “cukup”. Pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan siswa mencapai 81% dengan kategori “sempurna”. Dengan demikian media flash card sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci : Media, Flash card, Hasil belajar