PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional, berdasarkan kemampuan awal, dan ada tidaknya interaksi pendekatan SAVI dengan kemampuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kampar Timur dengan populasi targetnya siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan yaitu: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diterapkan pendekatan SAVI dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh