PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS TERPADU PEKANBARU DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan yang mendasar dalam proses pembelajaran. Siswa yang telah memahami konsep dengan baik dalam proses pembelajaran dimungkinkan memiliki prestasi belajar yang tinggi karena lebih mudah mengikuti pembelajaran. Kemampuan siswa yang rendah dalam aspek pemahaman konsep merupakan hal penting yang harus ditindak lanjuti. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Plus Terpadu Pekanbaru ditinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Plus Terpadu Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling, terpilih kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep matematis siswa dan angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasilnya diperoleh bahwa thitung ≥ ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 2,6975 ≥ 2,00. Terdapat perbedaan motivasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasilnya diperoleh thitung ≥ ttabel pada taraf signifikan 5% yakni 6,5506 ≥ 2,00. Besar kontribusi motivasi terhadap pemahaman konsep matematis adalah 2,52% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian secara umum pembelajaran kooperatif tipe pair checks berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata kunci : Tipe Pair Checks, Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar