Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMAN 4 Pekanbaru di Kota Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi rasio trigonometri. Pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMAN 4 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis Search Solve Create Share (SSCS) serta kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis Search Solve Create Share (SSCS) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (90, 86%) dan sangat praktis (96,75% untuk kelompok kecil dan 95,14% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai