Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Accelerated Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dwi Sejahtera Pekanbaru yang ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling seadanya dengan kelas VII-1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan Uji-t dan Anova Dua Arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur motivasi belajar siswa dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Accelerated Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eskperimen tetapi tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci : Accelerated Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar.