PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa sering mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal kemampuan koneksi matematis sehingga berdampak pada hasil pencapaian belajar matematika siswa yang masih rendah dan belum adanya penerapan model pembelajaran untuk menangani permasalahan mengenai kemampuan koneksi matematis siswa. Salah satu upaya untuk membekali siswa dengan kemampuan koneksi matematis adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi serta menjadikan siswa lebih mudah mengaitkan masalah matematika kedalam kehidupan sehari-hari dan kaitannya dengan disiplin ilmu lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan koneksi matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari pengetahuan awal pada siswa SMA Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling . Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dan faktor pengetahuan awal siswa. Secara umum, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMA Pekanbaru. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II, Kemampuan Koneksi Matematis, Pengetahuan Awal.