Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengamatan awal, ditemukan bahwa beberapa siswa di SMAN 04 Pinggir memiliki masalah dalam pemahaman membaca. Permasalahan ini dilihat dari ketidakmampuan siswa dalam menemukan informasi dari sebuah teks ,sulitnya mereka memahami kata kunci dalam text dan saat guru bertanya tentang sinonim atau antonim mereka tidak memahaminya . Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi skillgrouping pada pemehaman membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas sebelas di SMAN 04 Pinggir. Total populasi adalah 90 siswa.Ada 60 siswa sebagai sampel yang di ambil melalui teknik cluster random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti memberikan pre-test dan post-test. Kemudian dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus independent sample t-test dihitung dengan menggunakan SPSS versi 17.0. Berdasarkan analisis t-test, nilai sig. adalah 0.000. Hal ini dapat dinyatakan bahwa 0,000<0,05. Kemudian, effect size adalah 0,30 pada tingkat yang tinggi, maka Ha diterima. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi Skill-Grouping pada pemahaman membaca siswa di SMAN 04 Pinggir. Kata kunci: Pengaruh, Strategi skill-grouping, Pemahaman Membaca