ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Daftar Isi:
- Miskonsepsi siswa pada beberapa konsep kimia adalah hal yang penting untuk dianalisis, karena dapat mengakibatkan kesalahan pemahaman berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis miskonsepsi siswa menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada materi kesetimbangan kimia di kelas X SMK KANSAI Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Listrik yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda disertai dengan metode Certainty of Response Index (CRI) serta lembar wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa miskonsepsi ditemukan pada subkonsep pengertian reaksi kesetimbangan sebesar 71,43%, sedangkan pada konsep lainnya berkisar antara 21,90% - 37,46% . Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi pada siswa disebabkan karena siswa tidak memahami konsep secara utuh dan menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya dengan pemahaman parsial, sehingga mengakibatkan siswa membuat kesimpulan yang salah. Miskonsepsi ini memerlukan perubahan pedagogi yang tepat dalam hal penjelasan materi kesetimbangan kimia. Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Kesetimbangan Kimia