Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya dalam bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI ADP 2 dan kelas XI ADP 3 di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh interaksi teman sebaya dalam bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS Versi 16.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya dalam bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru yakni sebesar 0,487 dengan tingkat probabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari robservasi > rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,217<0,487>0,283), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Besar persentase pengaruh interaksi teman sebaya dalam bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 23,7% sedangkan sisanya sebesar 76,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci : Pengaruh Interaksi Teman Sebaya, Prestasi Belajar