Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas X MIPA SMA Negeri 9 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing disertai dengan strategi Learning Tournament terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi ikatan kimia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu X MIPA 1 (kelas eksperimen) dan X MIPA 6 (kelas kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan post-test, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = 2,03 dan ttabel = 1,994 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing disertai dengan strategi Learning Tournament terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru, dengan pengaruh sebesar 5,6%. Kata kunci : Snowball Throwing, Learning Tournament, Hasil belajar, Ikatan kimia