PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) dilengkapi Lembar Kerja Siswa terhadap hasil belajar pada materi koloid kelas XI IPA SMAN 1 Perhentian Raja. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 (kelas kontrol) dan XI IPA 2 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan posttest sebagai data akhir, dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan teknik uji t dengan taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) dilengkapi Lembar Kerja Siswa terhadap hasil belajar di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Perhentian Raja pada materi koloid. Nilai thitung 3,19 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 = 1,99 dan menunjukkan thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dengan koefisien pengaruh sebesar 14%. Kata kunci: Model Pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain), Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar, Sistem Koloid