PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN MANUSIA BALON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 08 BANTAN TENGAH KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi permainan manusia balon di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi permainan Manusia Balon dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan Presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa penerapan strategi permainan manusia balon dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 58,46 dengan ketuntasan klasikal 38,46% atau tergolong “kurang”. Setelah menerapkan strategi permainan Manusia Balon pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan ratarata 72,30 dengan ketuntasan klasikal 61,53% atau tergolong “kurang”. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 91,53 dengan ketuntasan klasikal 92,30% atau tergolong “sangat sempurna”. Dengan demikian strategi permainan manusia balon sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan.