Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan Penggunaan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning ) melalui Implementasi Kurikulum 2013 dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X jurusan IPS dan guru mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Hubungan Penggunaan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning ) melalui Implementasi Kurikulum 2013 dengan Kemandirian Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 151 orang. Sampel dari penelitian dalam penelitian ini berjumlah 110 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval, maka penulis menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan perangkat computer melalui program SPSS for windows versi18.00. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai robservasi baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,1874<0,438>0,2446). Sehingga diartikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berarti ada Hubungan antara Penggunaan pendekatan CTL (Contextual teaching and learning ) melalui implementasi kurikulum 2013 dengan kemandirian belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbarua dalah sebesar 0,438 terletak pada interval koefisien 0,40 – 0,599. Kata Kunci : Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Kemandirian Belajar Siswa