HUBUNGAN ANTARA PERAN GURU DENGAN RANAH AFEKTIF SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ranah afektif siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Mandau Kabupaten Siak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Hubungan Yang Signifikan Antara Pelaksanaan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Dengan Perkembangan Ranah Afektif Siswa Kelas XI IIS Pada Pembelajaran Ekonomi?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dengan ranah afektif siswa pada proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Mandau Kabupaten Siak Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi kelas XI IIS dan siswa kelas XI IIS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kabupaten Siak, sedangkan objek penelitian ini adalah hubungan antara peran guru dengan ranah afektif siswa pada proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Mandau Kabupaten Siak. Pengambilan data dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga teknik yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh ro (observasi) = 0,868 rt (tabel) pada tarif signifikan 5% dan 1% (0,244 <0,868>0,317) yang berarti H0 ditolak Ha diterima yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan peran guru siswa dengan ranah afektif siswa pada pembelajaran ekonomi. Kata Kunci : Peran Guru,Ranah Afektif