PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, yang mana siswa telah memiliki lingkungan keluarga yang baik seperti mendapatkan perhatian yang baik dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS. Objek penelitiannya adalah pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa dengan jumlah sampel sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Hal ini dilihat dari rhitung > rtabel baik pada taraf 5% atau 1% (0,195 < 0,618 > 0,256), dan, jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Persentase sumbangan pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa siswa sebesar 38,2%, sedangkan sisanya sebesar 61,8% dipengaruhi oleh faktor lain Kata Kunci: Pengaruh, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Siswa