Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilatar belakangi oleh kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran kimia yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan bantuan macromedia flash terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X MIA Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Rancangan penelitian menggunakan pretest dan posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas X MIA 2 (kelas eksperimen) dan X MIA 3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data awal dengan wawancara, observasi dan tes dalam bentuk uji homogenitas. Sebagai data akhir yaitu pretest dan posttest serta dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung= 2,97 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan bantuan macromedia flash terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur dengan koofisien pengaruh sebesar 13%. Kata Kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Macromedia Flash, Kemampuan Kognitif.