EFEKTIFITAS STRATEGI AKSI KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MTS. DARUL HIKMAH PEKANBARU RIAU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi “Aksi Kata” untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan melihat ada tidaknya perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah strategi “Aksi Kata” efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa MTs. Darul Hikmah Pekanbaru?”. Subjek penelitian adalah siswa bahasa Arab MTs. Darul Hikmah Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah efektifitas strategi “Aksi Kata” untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa MTs. Darul Hikmah Pekanbaru. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B3 dan VIII B4 MTs. Darul Hikmah Pekanbaru.Tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalampenelitianiniadalahobservasi, tes dan dokumentasi.Untukmenganalisa data observasidigunakanrumus: Sedangkan untuk menganalisa data test digunakan rumus : Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaranterdapatperbedaankemampuanpenguasaankosakatabahasa Arab antara kelas yang menggunakan “Aksi Kata” dengan yang tidak menggunakan “Aksi Kata”. Karena nilai To = 4.25 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.75 dan taraf signifikansi 5% = 2.04. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain “Aksi Kata” efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa MTs. Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Strategi, Meningkatkan Kosakata