EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI BENAR SALAH BERANTAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KAMPAR FILIAL KAMPAR TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian yang subjeknya diberi perlakuan kemudian diukur akibat perlakuan itu pada subyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan strategi benar salah berantai dengan menggunakan metode membaca untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa dalam berbahasa Arab. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan strategi benar salah berantai dengan menggunakan metode membaca efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa Madrasah Aliyah Negeri Kampar Filial Kampar Timur?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kampar Filial Kampar Timur tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri Kampar Filial Kampar Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 Madrasah Aliyah Kampar Filial Kampar Timur. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Untuk menganalisa data observasi digunakan rumus: Sedangkan untuk menganalisa data test digunakan rumus : Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi benar salah berantai dengan menggunakan metode membaca efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa Madrasah Aliyah Kampar Filial Kampar Timur. Karena nilai To = 4,5 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,72 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan strategi benar salah berantai dengan menggunakan metode membaca efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa Madrasah Aliyah Negeri Kampar Filial Kampar Timur. Kata Kunci : Efektifitas, Penerapan, Strategi, Metode, Kemahiran Membaca