Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode samíyyah syafawiyyah dengan strategi index card match untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa, dengan melihat ada tidaknya peningkatan kemahiran berbicara siswa pada kelas eksperimen dan kontrol.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode samíyyah syafawiyyah dengan strategi index card match efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di SMP IT Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir?”.‌ Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B‌ SMP IT Daarul Rahman kabupaten Indragiri hilir, sedangkan objeknya adalah metode samíyyah syafawiyyah untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di SMP IT Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B‌ yang berjumlah 07 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemahiran berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab antara kelas yang menggunakan metode samíyyah syafawiyyah dengan strategi index card match dengan yang tidak menggunakan metode samíyyah syafawiyyah dengan strategi index card match. Karena nilai To = 9,214 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 91 dan taraf signifikansi %1. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode samíyyah syafawiyyah dengan strategi index card match efektif untuk meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di SMP IT Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Samíyyah Syafawiyyah, Strategi Index Card Match dan Kemahiran Berbicara.