Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa di SMA IT Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Metode Jigsaw efektiv Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa kelas di SMA IT Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir?”. Peneltian ini adalah penelitian eksprimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA IT Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Sample penelitiannya adalah siswa kelas X “ A dan B” SMA IT Daarul Rahmah Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas X “ A dan B” di SMA IT Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Objeknya adalah Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa Sekolah Menengah Atas IT Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan Metode jigsaw dan dengan tanpa menggunakan Metode jigsaw. Karena nilai = 10 yang berarti lebih besar dari tabel pada taraf signifikan 1% dan taraf signifikan 5% Ini berarti diterima dan ditolak. Artinya, bahwa Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara efektif bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Daarul Rahman Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Kata kunci: Penerapan, Metode Jigsaw, Kemahiran Berbicara