Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi siswa madrasah tsanawiyah di Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Two Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji t dan anova dua arah (Two Factorial Design). Berdasarkan has ii penelitian disimpulkan bahwa 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dan motivasi dalam mempengaruhi pemahainan konsep matematis siswa. Oleh sebab itu, secara umum model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi siswa madrasah tsanawiyah di Kampar. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Pemahaman Konsep Matematis, MotivasL