Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tambang yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD disertai lembar kerja Word Square terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 2 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitiannya pretestpostest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model kooperatif STAD disertai lembar kerja Word Square, dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,28 sedangkan ttabel= 2,00 dan menunjukkan bahwa thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan koefisien pengaruh sebesar 8%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD disertai lembar kerja Word Square dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tambang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Word Square, Hasil Belajar.