Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Guru terhadap Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek Motivasi Guru terhadap Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengukuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang siswa, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisa data menggunakan analisa korelasi product moment. Hipotesis Penelitian terdapat Pengaruh yang Signifikan Motivasi Guru terhadap Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Dari hasil penlitian yang diperoleh ada pengaruh yang signifikan Pemberian Motivasi Guru terhadap Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data yang diperoleh yaitu sebesar nilai rhitung= 0,641 pada taraf signifikan 5%= 0,284 dan taraf rhitung signifikan 1% = 0,368. Karena rhitung lebih besar dari rtabel maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Guru terhadap Kesiapan Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Koefisien determinan yang dihasilkan adalah sebesar r = 0,641 dengan p = 0,000 (p<0,05) maka dapat dilihat bahwa Motivasi Guru Ada Pengaruhnya terhadap Kesiapan Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Pekanbaru sebesar 64,1 % termasuk kategori cukup