Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan tingkah laku siswa di Madrasah Tsanawiyah Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini di laksanakan pada semester genap 2016-2017 sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah 217 orang, dengan mengambil sampel penelitian sebesar 25% atau 54 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Sedangkan pengambilan datanya menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah dan untuk menganalisis hubungan hasil belajar dengan tingkah laku siswa data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi Serial. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulakan bahwa Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak rata-rata 91.2 dengan kategori Baik. Sedangkan tingkah laku siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak rata-rata 76.91 dengan kategori Kurang Baik. dan terdapat hubungan yang signifikan antara Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan tingkah laku siswa di Madrasah Tsanawiyah Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, hal ini terlihat dari hasil rch 0,846 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0,217) dan pada taraf signifikan 1% (0,354). Ini berarti rch yang dapat digambarkan sebagai berikut, 0,217<0,846>0,354. dengan demikian H0 ditolak Ha diterima.