Daftar Isi:
  • Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi terhadap pemahaman moral siswa. Sedangkan jenis penelitian ini adalah korelasi dimana subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI (Sebelas) sedangkan objeknya adalah keaktifan mengikuti layanan informasi terhadap pemahaman moral siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI (Sebelas) yang berjumlah 248 orang mengingat populasi dalam penelitian ini cukup besar maka penulis melakukan penarikan sampel dengan teknik random sampling sehingga terdapat jumlah 71 orang sebagai sampelnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah menggunakan rumus regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dimana ro (observasi) = 0,389 bila dibandingkan dengan r (tabel) pada taraf signifikan 5% dan 1% atau (0,232<0,389>0,302) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan informasi terhadap pemahaman moral siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Besar persentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi terhadap pemahaman moral siswa 15,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci : Keaktifan, Layanan Informasi, Pemahaman Moral