Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pendidikan keluarga sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan perilaku beragama siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pendidikan keluarga terhadap perilaku beragama siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pendidikan keluarga terhadap perilaku beragama siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa MadrasahAliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampardan orang tuasiswa di sekitardesapenyasawandan air tiriskecamatankampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalahpengaruh pendidikan keluarga terhadap perilaku beragama siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (21 Siswa), XI (19 Siswa), XII (20 Siswa)dan orang tuasiswaberjumlah 60 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,470pada taraf signifikan 5% = 0,254 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,330. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,254<0,470>0,330.Dengan demikian H0ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan keluarga terhadap perilaku beragama siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar.