Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi perencanaan karir siswa, di Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Pekanbaru (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi perencanaan karir siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 2 orang guru bimbingan konseling ditambah dengan 2 orang siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis secara naratif yaitu menjelaskan dengan kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatsi perencanaan karir siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Pekanbaru sebagai berikut: (1) guru bimbingan konseling sudah melaksanakan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi perencanaan karir siswa dengan peresentase nilai 80.21% yang termaksuk dalam kategori “sangat maksimal” dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan dan didukung oleh hasil wawancara yang dilakukan guru bimbingan konseling sudah melaksanakan tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi perencanaan karir siswa adalah faktor pendukung seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling yang sudah S1 BK, pengalaman dan keahlian guru bimbingan konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok serta siswa yang antusias faktor penghambat seperti kelengkapan dana,sarana dan prasarana yang kurang memadai dari pihak sekolah. Kata Kunci : Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok, Perencanaan Karir Siswa