Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu minat belajar sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islamdi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 SiakHulu Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah Hubungan kesulitan Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar yang berjumlah 335 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang siswa.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Dan terdapat hubungan yang signifikan, dengan perolehan indeks korelasi 0,500 pada taraf signifikan 5% = 0,195 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,254. Ini berarti rhitung lebih besar dari rtabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,500>0,195<0,254. Dengan demikian Ha diterima H0 ditolak