PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIAK HULU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi Bidang Bimbingan Sosial terhadap kemandirian Sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 78 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial terhadap kemandirian sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 78 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial terhadap kemandirian sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu yakni sebesar 0,527 dengan tingkat probabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari > pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,217 < 0,527 >283). Besar persentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial terhadap kemandirian sosial siswa kelas VII 27,8% sedangkan sisanya sebesar 72,2 % (100%-27,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Guru Bk hendaknya dapat mengetahui cara meningkatkan kemandirian sosial siswa dilingkungannya Kata Kunci: Keaktifan, Layanan Informasi Bidang Bimbingan Sosial, Kemandirian Sosial Siswa