Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya disiplin belajar siswa, sedangkan tindakan represif telah dilakukan oleh guru dalam rangka membina disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tindakan represif terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri2 Tambang. Objek penelitiannya adalah pengaruh tindakan represif terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan tindakan represif terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang, baik berdasarkan nilai rhitung yang menyatakan bahwa rhitung>rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,195<0,767>0,256 )maupun tingkat signifikansi (0,000<0,05) yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Persentase sumbangan pengaruh tindakan represif terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 58,8%, sedangkan sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian Kata Kunci:Tindakan Represif, Disiplin Belajar Siswa