Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian produk siswa yang belum menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi marketing Mix, yang mana siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru telah mempelajari materi marketing Mix. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman siswa pada materi marketing Mix terhadap keputusan pembelian produk oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman materi marketing mix terhadap keputusan pembelian produk oleh siswa. Populasinya adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 35 orang siswa kelas X Manajemen Bisnis, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi marketing Mix terhadap keputusan pembelian produk oleh siswa, yang dilihat dari nilai r hitung besar dar r tabel (0,334<0,630>0,430) atau dengan tingkat signifikansi kecil dari 0,05.Adapun kontribusi pengaruh pemahaman terhadap keputusan pembelian produk oleh siswa sebesar 39,7%, kemudian sisanya sebanyar 60,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Pengaruh Pemahaman Marketing Mix, Keputusan Pembelian produk Siswa