PENGARUH KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini berangkat dari masalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar pada program full day school, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan Keterampilan Variasi Mengajar Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Program Full Day School di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi Pengaruh Ketrampilan Variasi Mengajar Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Program Full Day School di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa jurusan IPS dan guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Ketrampilan Variasi Mengajar Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Program Full Day School di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Populasinya adalah seluruh siswa jurusan IPS yang berjumlah 234 orang. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X IPS berjumlah 79 orang dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval, maka penulis menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS for windows versi 23 .00. Berdasarkan hasil penyajian data analisis data diperoleh robservasi sebesar 0,561 lebih besar dari rtable pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu sebesar 0,2214 dan 0,2282 atau (0,2214 <0,561> 0,2282) yang berarti terdapat Pengaruh yang Signifikan antara Keterampilan Variasi Mengajar Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Program Full Day School di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Besarnya Kontribusi Keterampilan Variasi Mengajar Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Program Full Day School adalah sebesar 31,5 % sedangkan sisanya 68,5% (100%-31,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Keterampilan Variasi Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa