PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DILENGKAPI MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dilatar belakangi dengan hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah, kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep koloid serta masih ada siswa yang merasa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia menggunakan metode Team Assisted Individualization dilengkapi media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi koloid di Madrasah Aliyah Negeri Kuok. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling yaitu XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan posttest sebagai data akhir, observasi dan dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji âtâ, dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,126 dan ttabel = 2,015 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh menggunakan metode Team Assisted Individualization dilengkapi media animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kuok pada materi koloid, dengan pengaruh sebesar 9%. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Media Animasi, Hasil Belajar, Koloid.