Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kreativitas Guru Fiqih dalam Menggunakan Media Pembelajaran sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y (variabelterikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Kreativitas Guru Fiqih Dalam Menggunakan Media Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas guru fiqih dalam menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fiqih dan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru yang berjumlah 381 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah stratified sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah korelasi Produck Moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rxy = 0,35 berada pada interval koefisien korelasi 0,20-0,40. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kreativitas guru Fiqih dalam menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di Madarasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Kata kunci: Kreativitas Menggunakan Media/ Alat Peraga, Hasil Belajar