Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Pekanbaru dan faktor yang dominan mempengaruhinya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Pekanbaru dan faktor yang dominan mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Pekanbaru dan objek dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Pekanbaru. Untuk memperoleh data maka penulis menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data angket yang diperoleh menunjukkan bahwa: Pertama, data persepsi siswa terhadap keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Pekanbaru tergolong dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase 84.13% Kedua, faktor yang dominan mempengaruhi persepsi siswa terhadap keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pekanbaru adalah faktor perhatian yang selektif dengan persentase tertinggi yaitu 39.68%