Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan Prestasi Belajar Siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini`adalah guru dan siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Singingi berjumlah 309 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 siswa. Untuk mendapatkan data di lapangan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data angket (kuesioner) dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Analisis Korelasi Serial dengan rumus: ∑ * ( ) ( ) ∑ [ ( ) ] Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi yakni sebesar 0,634, yang berarti memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini dikarenakan oleh Rch= 0,634 jauh lebih besar dari pada “r” tabel pada signifikansi 5% yaitu sebesar 0,217 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 0,283,(0,217<0,634>0,283). Ini berarti bahwa hipotesa alternatif yang diterima.