Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa mengerjakan tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Perkappen Tandun Grup (YP2TG) Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan sejak 03 Maret 2017 sampai 03 April 2017 bertempat di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Perkappen Tandun Grup (YP2TG) Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini pengaruh keaktifan siswa mengerjakan tugas dan hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Perkappen Tandun Grup (YP2TG) Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dan sampelnya diambil pada kelas VII berjumlah 53 orang siswa yang beragama Islam. Pengumpulan data untuk variabel independent menggunakan angket dalam bentuk skala likert dan untuk variabel dependent dengan teknik Observasi. Untuk menjawab rumusan masalah dan untuk menganalisis pengaruh keaktifan mengerjakan tugas dan hasil belajar siswa, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi Serial. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa mengerjakan tugas sudah tergolong ‘’sangat aktif’’, dan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong ‘’baik’’, jadi terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh keaktifan siswa mengerjakan tugas dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Perkappen Tandun Grup (YP2TG) Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Hal ini terlihat dari hasil rch = 0,768 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5%= 0,273 dan pada taraf signifikan 1%= 0,354