HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NUSANTARA KUALA ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI di SMK Nusantara Kuala Enok. Subjek penelitian ini adalah siswa. Objek penelitian ini adalah hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan total sampling pada pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik yaitu angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya di analisis menggunakan program SPSS (Statistica Program Society Science) Versi 20.0 dengan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan dimasukkan kedalam rumus Product Moment. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI di SMK Nusantara Kuala Enok, hal ini dikarenakan ro (observasi) = 0,529, apabila dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf 5% maupun 1% maka 0,344<0,529>0,442. Kata Kunci : Pola asuh orang tua, Kemandirian Belajar