Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu komunikasi guru ekonomi(variabel bebas) dan tingkah laku peserta didik (variabel terikat). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh komunikasi guru ekonomi terhadap tingkah laku peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 146 peserta didik dan sampel penelitian ini adalah 107 peserta didik. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Besarnya koefisien komunikasi guru ekonomi terhadap tingkah laku peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru adalah ro (observasi) 0,528. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui : df = 105, rt (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,19, rt (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0,2480. Jadi ro(hitung) = 0,528 bila dibandingkan rt (tabel )pada taraf signifikan 5% (0,528>0,19)ini berarti Ha diterima, Ho di tolak. ro (hitung)= 0,528 bila dibandingkan dengan rt (tabel)pada taraf signifikan 1% (0,528>0,2480) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Guru Ekonomi Terhadap Tingkah Laku Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru dengan kontribusi pengaruh sebesar 0,278 x 100% = 27,8%. Kata Kunci : Komunikasi Guru Ekonomi, Tingkah Laku Peserta Didik.