PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe peer lessons terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan interaksi model pembelajaran kooperatif tipe peer lessons terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa sekolah menengah kejuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik sampling dan terpilih kelas XI AK-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AK-2 sebagai kelas kotrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrument yang digunakan adalah tes uraianuntuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe peer lessons terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasilnya di perolehbahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh . Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasilnya di peroleh pada taraf signifikan 5% yakni . Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian secara umummodel Pembelajaran kooperatif tipe peer lessons berpengaruh terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK PGRI Pekanbaru yang Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Kata kunci : Kooperatif Tipe Peer Lessons,KemampuanKomunikasi Matematis,KemampuanAwalMatematis