PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING(PjBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA / MADRASAH TSANAWIYAH
Daftar Isi:
- Salah satu upaya menyikapi masalah kemampuan penalaran matematis adalah melalui pemilihan model pembelajaran. Model Project Based Learning merupakan suatu model yang memberikan kesempatan kepada siswa agar aktif dan mengembangkan kemampuan tingkat tinggi, salah satunya kemampuan penalaran matematis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis,dan Efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Metode Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kampar tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa MTsN 1 Kampar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis PjBL. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika PjBL yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (93, 65%) dan sangat praktis (95,43% untuk kelompok kecil dan 96,8% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai