Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experiment yang dilator belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis Student Created Case Studies terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di SMA Negeri11 Pekanbaru. Rancangan penelitian menggunakan pretest dan postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 (kelas eksperimen) dan XI IPA 5 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data awal dengan wawancara, sebagai data akhir pretest dan protest serta dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 2,43 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolakdan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis Student Created Case Studies terhadap hasil belajar kimia pada materi koloiddi SMA Negeri 11 Pekanbaru dengan koefisien pengaruh sebesar 8%. Kata Kunci: Model Predict Observe Explain (POE), Metode Student Created Case Studies, Hasil Belajar, Koloid