PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI TEKNIK PEMISAHAN CAMPURAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning disertai lembar kerja siswa terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau pada materi teknik pemisahan campuran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa pada materi teknik pemisahan campuran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu X ATPH 2 (eksperimen) dan X ATPH 1 (kontrol). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji âtâ, maka diperoleh nilai thitung = 2,31 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model project based learning disertai lembar kerja siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran kimia kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 8,21%. Kata Kunci : Project Based Learning, Lembar Kerja Siswa, Kemampuan Kognitif, Teknik Pemisahan Campuran