PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa pada materi koloid. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick dengan media kartu soal terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi koloid. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI IPA 4 (eksperimen) dan XI IPA 5 (kontrol). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 87,14 sedangkan kelas kontrol adalah 81,67. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes âtâ, maka diperoleh nilai thitung = 2,204 dan ttabel = 2,021 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick dengan media kartu soal terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi koloid kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dengan koefisien pengaruh (KP) sebesar 10,2%. Kata Kunci : Talking Stick, Kartu Soal, Kemampuan Kognitif, Koloid.