PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STRUCTURE EXERCISE METHOD (SEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Structure Exercise Method (SEM) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu X MIPA 1 (kelas kontrol) dan X MIPA 3 (kelas eksperimen). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan post-test, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = 2,22 dan ttabel = 1,994 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Structure Exercise Method (SEM) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom kelas X SMA Negeri 5 Pekanbaru, dengan pengaruh sebesar 6,6%. Kata Kunci : Team Assisted Individualization, Structure Exercise Method, Hasil belajar, Struktur Atom.