Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa. Untuk itu, dilaksanakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi Question Student Have terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi minyak bumi di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yang dipilih secara simple random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji t. dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 2,82 dan ttabel= 1,99 pada taraf signifikan 5%. Pada analisis kemampuan kognitif, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 84,25% dengan kategori amat baik sementara kelas kontrol yaitu 79,25% dengan kategori baik. Analisis taksonomi Bloom masingmasing tingkatan (C1, C2, dan C3) yang dihasilkan juga terdapat perbedaan yang cukup signifikan dimana hasil yang didapat kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Ini artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi Question Student Have terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi minyak bumi dengan koefisien pengaruh sebesar 9,3%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Strategi Question Student Have, Kemampuan Kognitif, Minyak Bumi