PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PRIOR KNOWLEDGE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan kognitif siswa yang masih tergolong rendah, kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep dilihat dari hasil ulangan harian siswa yang belum mencapai batas ketuntasan minimum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2×2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) ditinjau dari prior knowledge terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi hidrokarbon di kelas X SMAN 7 Pekanbaru. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple purposive sampling, diperoleh kelas X7 dan X6. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan posttest sebagai data akhir, dan dokumentasi. Analisis data akhir menggunakan uji “t” dan ANAVA Two Ways. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan kognitif siswa di kelas X SMAN 7 Pekanbaru pada materi hidrokarbon. Nilai thitung 2,28 dan ttabel 1,99 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan pengaruh sebesar 7.73%. (2) Terdapat pengaruh Prior Knowledge terhadap kemampuan kognitif siswa di kelas X pada materi hidrokarbon SMAN 7 Pekanbaru. Dilihat dari nilai 17,91 ≥ 3.15 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan kognitif siswa dilihat dari nilai −3.10 ≤ 3.15 maka, thitung ≤ ttabel yang berarti Ha ditolak dan H0 diterima. Kata kunci: Prior Knowledge, Think Pair Share (TPS), Kemampuan Kognitif, Hidrokarbon