PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ROKAN HILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Konstruktivisme yang valid dan praktis serta mampu memfasilitasi kemampuan koneksi matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPS Tunas Bangsa, Kab.Rokan Hilir, Riau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 dan objek penelitian ini adalah LKS berbasis Pendekatan Konstruktivisme. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis pendekatan konstruktivisme dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 82,7%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis pendekatan konstruktivisme dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82,2%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan koneksi matematis siswa, LKS berbasis pendekatan konstruktivisme sudah memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 84% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Koneksi Matematis dan Model ADDIE.