Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman konsep siswa, sehingga perlu diterapkan suatu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 3 Rambah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A Sebagai kelas eksperimen dan VIII.B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan tes”t” dan two way anova untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, Dengan hasil perhitungan tes “t” diperoleh